Categories

Dialog Nasional Interaktif Pilkada Langsung Serentak tahun 2015 oleh CosmoGov dan Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad

Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas bersama Jurnal Ilmu Pemerintahan CosmoGov (Scientific Event, Journal, and Publishing) menyelenggarakan kegiatan Dialog Nasional Interaktif Pilkada Langsung Serentak dengan tema “Melacak Kesiapan Pilkada Langsung Serentak Tahun 2015” di Bale Rumawat Kampus Universitas Padjadjaran Jl. Dipati Ukur No. 35 Bandung pada hari Selasa, 16 Juni 2015.

01 Dialog Ipem 2015

Dialog Nasional interaktif dengan tema Melacak Kesiapan Pilkada Langsung Serentak tahun 2015 ini dibuat dalam 2 (dua) sesi paparan, yaitu sesi pertama adalah sesi Curah-Pikir/Tukar Pikir yang diarahkan oleh Ketua Redaksi CosmoGov, Pipin Hanapiah, M.Si. Selanjutnya, pada sesi ke dua dalam acara Dialog Nasional Interaktif ini menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan, yaitu dari unsur KPU Pusat, pakar pemilu, pakar politik, pengamat dan pemerhati pemilu (Perludem).

Pelaksanaan Pilkada serentak di seluruh Indonesia merupakan salah satu amanah yang diatur dalam UU No.8 tahun 2015. Aturan baru dengan sistem, mekanisme dan waktu pelaksanaan baru ini tentunya membawa konsekuensi, baik politik, psikologis maupun administratif. Perdebatan selama ini cenderung hanya berkisar pada pertanyaan mengapa Pilkada dilakukan serentak. Namun tak banyak yang mempertanyakan bagaimana Pilkada serentak ini mampu dilaksanakan.

02 Dialog Ipem 2015

Anggota Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, Dr. Ferry Rizkiyansyah, M.Si., selaku pembicara dari KPU Pusat mengatakan bahwa memang masih ada hal teknis yang harus diperhatikan menjelang pilkada serentak. Aspek sumber daya manusia, infrastruktur, anggaran, hingga regulasi merupakan beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2015 ini.

Lebih jauh lagi, Dr. Ferry menilai bahwa pelaksanaan pilkada serentak tahun ini belum efisien sesuai yang diharapkan, karena masa jabatan Gubernur, Bupati, dan Walikota di beberapa daerah tidak sama masanya. Sementara itu, pakar politik Unpad, Muradi, Ph.D., menyoroti praktik kecurangan yang kerap terjadi pada Pilkada. Politik uang menurutnya masih menjadi catatan di beberapa daerah.

Sementara itu, pakar politik Unpad, Muradi, Ph,D., menyoroti praktik kecurangan yang berulang kali terjadi pada Pilkada. Menurutnya politik uang masih mendominasi dan menjadi catatan khusus di beberapa daerah.

03 Dialog Ipem 2015

Selain Dr. Ferry dan Muradi, acara yang digelar Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad dan jurnal ilmiah Ilmu Pemerintahan Unpad, CosmoGov, juga menghadirkan pembicara lain, yaitu Dede Sri Kartini, M.Si., (akademisi Unpad), Titi Anggraini Mashudi (Perludem), dan H. Husnan Bey Fanani, MA. (Ketua DPP PPP Korwil Jabar) dengan moderator Antik Bintari, S.IP., MT., dan Idil Akbar, S.IP., M.IP.

00 Dialog Ipem 2015

Kegiatan Dialog Nasional Interaktif ini ditutup dengan pembagian jurnal CosmoGov kepada para narasumber serta para peserta yang turut serta aktif dalam dialog ini, karena kegiatan ini adalah selain untuk membahas tentang tema Melacak Kesiapan Pilkada Langsung Serentak tahun 2015, namun juga sebagai acara launching jurnal CosmoGov untuk tingkat nasional.

(SF)