Layanan Mahasiswa Adm. Pemerintahan

Program Studi Administrasi Pemerintahan melakukan lima jenis pelayanan mahasiswa yang dapat diakses dengan mudah.

 

No.

Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa

Bentuk Kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya

(1)

(2)

(3)

1

Bimbingan dan konseling

Bimbingan dan konseling diselenggarakan dengan mengacu pada Buku Pedoman Perwalian yang diterbitkan oleh universitas.

1. Bimbingan Akademik (Perwalian), dilaksanakan secara rutin pada setiap awal semester.

Bimbingan Akademik (Perwalian) dilakukan antara dosen wali dengan mahasiswa minimal 3 kali dalam 1 semester, berupa konsultasi kemajuan akademik  mahasiswa, pengisian KRS, PKRS dan proses pembelajaran selama 1 semester

Hasilnya: Perkembangan studi mahasiswa dapat terpantau dan pengambilan jumlah SKS sesuai dengan IPK mahasiswa; Mahasiswa dapat menempuh studi dengan lancar, lulus tepat waktu dan memproleh IPK yang baik

2. Bimbingan konseling dilakukan melalui Tim Pelaksana Bimbingan dan Konseling (TPBK), baik yang bersifat akademis maupun non-akademis.

Jika mahasiswa mengalami kesulitan dalam menghadapi berbagai persoalan baik yang berhubungan dengan akademik maupun non akademik,TPBK dapat membantu mahasiswa dengan memberikan bimbingan dan konseling sehingga mahasiswa dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Hasilnya: mahasiswa dapat menempuh studi dengan lancar, mampu menyelesaikan masalah yang dapat mengganggu aktivitas akademiknya, lulus tepat waktu dan memproleh IPK yang baik

3. Bimbingan dan konsultasi  Laporan PKL/Laporan Tugas Akhir (antara mahasiswa semester akhir dengan dosen yang ditugaskan membimbing laporan PKL/laporan TA)

Bimbingan dilakukan secara intensif minimal 8 kali bimbingan, dengan mengacu pada pedoman penulisan Tugas Akhir yang diterbitkan Universitas Padjadaran. Setiap bimbingan selalu dibuat laporan hasil bimbingan dalam kartu bimbingan, sehingga dosen dapat memantau  kemajuan laporan TA dari mahasiswa yang dibimbingnya

Hasilnya: Mahasiswa dapat secara intensif menyusun laporan TA (Laporan PKL), sesuai dengan rencana jadwal bimbingan yang telah ditetapkan, hasil laporannya terpantau oleh pembimbing laporan PKL, sehingga lulus tepat waktu dan memproleh IPK yang baik.

2

Minat dan bakat (ekstra kurikuler)

Untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa, di tingkat fakultas tersedia 2 (dua) lembaga kemahasiswaan, yakni Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FISIP dan Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FISIP. Selain itu, juga tersedia Kelompok-kelompok Kegiatan Mahasiswa FISIP (KKM) yang dikelola berdasarkan kebutuhan mahasiswa melalui Badan Eksekutif Mahasiswa maupun dikelola berdasarkan kebutuhan fakultas dan terkait dengan unit kerja fakultas. KKM yang ada di FISIP UNPAD meliputi: FIBBA (kegiatan basket), SOCIETY (kegiatan musik), PANTERA (kegiatan pencinta alam), FISA (kegiatan renang), Legion of Entrepreneur (kegiatan kewirausahaan), Persekutuan Mahasiswa Kristen (kegiatan pengembangan wawasan keilmuan berbasis nilai-nilai keagamaan Kristen Protestan), Protokoler FISIP Unpad (kegiatan manajemen acara formal maupun semiformal), dan Dewan Kemakmuran Mushola (kegiatan keagamaan Islam yang terkait dengan akademik).

Di tingkat Program Studi, terdapat lembaga kemahasiswaan dalam bentuk Himpunan Mahasiswa (Hima), yang merupakan wadah dan sarana pengembangan diri ke arah perluasan wawasan peningkatan kecendekiawanan serta integritas kepribadian untuk mencapai tujuan pendidikan, melalui kegiatan penalaran dan keilmuan, bakat, minat, dan kegemaran, kesejahteraan mahasiswa, dan kepedulian sosial.

Dalam kaitannya dengan layanan kepada mahasiswa, untuk pengembangan minat dan bakat, Program Studi memberikan dorongan kepada mahasiswa dalam menyalurkan bakat dan minatnya, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik melalui berbagai unit kegiatan dalam organisasi kemahasiswaan, termasuk juga melalui Himpunan Mahasiswa. Bentuk dorongan misalnya dengan memfasilitasi proses pembimbingan kepada mahasiswa untuk mengikuti kegiatan penulisan karya ilmiah. Pendampingan mahasiwa dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan juga merupakan salah satu manifestasi bentuk dukungan.

Hasilnya:

  1. Kegiatan mahasiswa saling menunjang dengan kegiatan akademik (misal: kegiatan seminar, diskusi publik, Ospek)
  2. Mahasiswa mendapatkan prestasi (Misalnya: Masuk seleksi Pimnas Program Kreativitas Mahasiswa) untuk PKM “Zero Closed” dan “Sipatu” pada tahun 2012, selain juga dapat mengembangkan jiwa entrepreneur mahasiswa sebagai salah satu bentuk softskill yang dimiliki mahasiswa tersebut.
  3. Terjadi hubungan atau interaksi yang harmonis antara Mahasiswa dan dosen, sehingga dapat mendukung suasana kondusif dalam  proses belajar mangajar.

Selain itu, adanya fasilitas olahraga dan seni baik di tingkat universitas, fakultas maupun program studi yang dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam mengembangkan minat dan bakatnya,  seperti  ikut menjadi anggota Lingkung Seni Sunda (LISES), Paduan Suara Mahasiswa (PSM), Unit Pecinta Budaya Minang, Angklung, Futsal, Basket, Bola Volley, Sepak bola, Bela Diri (kempo dan pencak silat) , dll. Dengan memanfaatkan fasilitas olahraga dan seni tersebut mendukung pengembangan minat dan bakat mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat meraih beberapa penghargaan di bidang olahraga, yaitu:  Juara I Pertandingan Futsal tingkat universitas, Juara II  Kempo tingkat Nasional, dan lolos seleksi atlit kempo ke tingkat internasional (SEA GAMES)

3

Pembinaan soft skills

Kegiatan yang dilakukan untuk pembinaan dan pengembangansoft skills mahasiswa:a. pengembangan soft skills mahasiswa di tingkat program studi ,meliputi:-       Motivation Training,–       Enteurpeunership Training, –       Managing Training,  –       Decision Making Training, –       Leadership training.b. Praktikum Laboratorium, meliputi: Bahasa Inggris (speaking, writing, listening, reading, conversation),  Komputer (Windows for office, corel draw, aplication for goverment)
c. Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)
d. Pelatihankemahasiswaan: Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) dan (latihan Manajemen Kepemimpin Mahsiswa  (LMKM)

4

Beasiswa

Beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa, yaitu:

No

Nama Beasiswa

Jumlah /tahun

1

 BCA

 Rp   6,400,000

2

Bank Indonesia

 Rp   2,400,000

3

Bank Mandiri

 Rp   6,000,000

4

BRI

 Rp   3,600,000

5

BTN

 Rp   9,000,000

6

Bantuan Belajar Mahasiswa

 Rp   3,000,000

7

Bantuan Kesejahteraan Mahasiswa

 Rp   1,000,000

8

Bantuan Mahasiswa Umum

 Rp   2,500,000

9

Beasiswa Djarum

 Rp   7,200,000

10

Dharma Wanita

 Rp   3,000,000

11

Eka Tjipta Foundation

 Rp   7,500,000

12

Pemda Jabar

 Rp   4,400,000

13

Peningkatan Prestasi Akademik

 Rp   3,000,000

14

Peningkatan Prestasi Ekstrakurikuler

 Rp   3,000,000

15

PT.Unilever

 Rp   3,000,000

16

SANBE

 Rp   1,500,000

17

Semen Gresik

 Rp   5,500,000

18

SUPERSEMAR

 Rp 12,000,000

19

 Van De Ventermaas

 Rp   3,960,000

20

 Yayasan Pertamina

 Rp   3,600,000

Untuk memperoleh beasiswa tersebut, mahasiswa harus memenuhi persyaratan, antara lain IPK minimal 3,00.

Selain beasiswa yang ditawarkan tersebut, ada beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah sebagai salah satu program bantuan pemerintah bagi mahasiswa yaitu beasiswa BIDIKMISI.

Mahasiswa PS Administrasi Pemerintahan yang memperoleh beasiswa Bidikmisi sejak diterima menjadi mahasiswa adalah mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik saat dijenjang pendidikan SMA/SMK.

Untuk program-program beasiswa sangat baik pengelolaannya.

5

Kesehatan

Dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan kepada mahasiswa, unpad menyediakan fasilitas pelayanan gratis bagi mahasiswa dengan menyediakan Balai/UPT Kesehatan Universitas Padjadjaran. Semua sarana dan prasarana kesehatan sangat memadai.

6

Lainnya

Pelayanan yang diberikan oleh Unpad, FISIP maupun Program studi untuk menunjang kegiatan kemahasiswaan yaitu tersedianya Kantin, fasilitas/Lapangan Olah raga, fasilitas kesenian, gedung Student Center/Lembaga Kemahasiswaan dan fasilitas-fasilitas organisasi ekstrakulikuler, Mushola, dan Sarana Parkir tersedia dengan kondisi sangat baik.