Layanan Mahasiswa Prodi. Administrasi
No. |
Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa |
Bentuk Kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
(1) |
(2) |
(3) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 |
Bimbingan dan Konseling |
Pembimbingan Akademik (perwalian) dilakukan oleh pembimbing akademik (dosen wali) setiap semester sebanyak 3 (tiga) kali.
Bimbingan khusus terutama untuk mahasiswa yang pada semester 2, semester 4, dan semester 6 memiliki IPK kurang dari 2,00.
Tim Pelaksana Bimbingan dan Konseling: Jika mahasiswa mengalami kesulitan dalam menghadapi berbagai persoalan, baik yang berhubungan dengan akademik maupun non-akademik, Fakultas memiliki TPBK yang dapat membantu mahasiswa dalam memberikan bimbingan dan konseling. Hasilnya adalah mahasiswa dapat mengatasi persoalan dalam akademik maupun non akademik, sehingga dapat melanjutkan studinya dengan baik. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 |
Minat dan bakat (ekstrakurikuler) |
Untuk memfasilitasi minat dan bakat mahasiswa, maka dibentuk berbagai organisasi ekstrakurikuler maupun organisasi kemahasiswaan, di tingkat Program Studi, Fakultas dan juga Universitas.
Berbagai lembaga ekstrakurikuler tersebut disosilisasikan melalui: – FISIP Student Days yang diselenggarakan setiap awal Semester Ganjil. Dalam kegiatan ini, setiap mahasiswa diberi keterangan tentang berbagai unit kegiatan mahasiswa, baik yang ada di tingkat Universitas maupun di tingkat Fakultas. – Pengenalan Mahasiswa Baru (PMB), yang diselenggarakan bagi setiap mahasiswa baru selama semester pertama. Dalam rangkaian kegiatan ini, mahasiswa baru diperkenalkan dengan unit-unit kegiatan di tingkat himpunan mahasiswa.
Hasilnya, sekitar 30% mahasiswa aktif mengikuti salah satu di antara berbagai unit kegiatan mahasiswa, baik di tingkat Universitas, Fakultas, maupun himpunan Program Studi. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 |
Pembinaan soft skills |
Pembinaan soft skills dilakukan dalam berbagai bentuk pelatihan, baik yang diselenggarakan oleh Program Studi maupun oleh Himpunan Kemahasiswaan, yaitu:
Pelatihan kepemimpinan bertujuan untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan mahasiswa, bekerja sama dalam kelompok (team building), menumbuhkan kepercayaan diri. Pelatihan ESQ dan motivation training bertujuan untuk meningkatkan motivasi bagi mahasiswa khususnya semangat belajar disertai nilai-nilai spiritual. Pelatihan kewirausahaan bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan motivasi sebagai entrepreneur, serta menumbuhkan sikap pantang menyerah dan mengasah kreativitas. Company visit bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan di luar materi perkuliahan yang lebih bersifat praktis..
Hasil dari berbagai kegiatan tersebut adalah menambah wawasan keilmuan dan pengalaman serta keterampilan atau aspek praktis bagi mahasiswa dalam rangka menyempurnakan seluruh rangkaian proses study dan menjadi bekal manakala memasuki dunia kerja kelak. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 |
Beasiswa |
Program beasiswa dikelola dengan sangat baik. Program Studi memfasilitasi dan meneruskan informasi beasiswa dari Fakultas dan Universitas. Hasilnya, mahasiswa Program Studi Administrasi mampu menyerap beasiswa dengan frekuensi yang cukup banyak. Hasil dari program ini adalah mahasiswa yang memiliki kemampuan keuangan terbatas untuk studi, dapat melanjutkan studinya sampai selesai. Rincian beasiswa bagi mahasiswa Program Studi Administrasi adalah sebagai berikut:
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5 |
Kesehatan |
Memfasilitasi layanan kesehatan yang dikelola Universitas, yaitu:
Kedua Balai Kesehatan Unpad ini melayani kesehatan mahasiswa, dosen, dan karyawan Unpad serta masyarakat sekitar oleh dokter umum maupun dokter spesialis dengan peralatan yang sangat lengkap dan memadai. Jasa layanan kesehatan dimaksudkan sebagai salah satu sarana kesehatan pendidikan dan memberikan kemudahan dan biaya yang terjangkau kepada mahasiswa Unpad. Seperti pemberian potongan harga, misalnya tarif pelayanan pemeriksaan/konsultasi dokter untuk masyarakat umum oleh dokter umum/dokter gigi sebesar Rp. 25.000,- sedangkan untuk mahasiswa Unpad dan pegawai/keluarga pegawai/pensiunan Unpad hanya sebesar Rp. 10.000,-.
Hasilnya, mahasiswa dan sivitas akademika dapat berobat dengan biaya yang sangat terjangkau, dengan kualitas pelayanan yang sangat baik. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6 |
Lainnya |
Mahasiswa dapat menggunakan perpustakaan Fakultas dan Universitas dalam menunjang studinya. Perpustakaan dilengkapi dengan text-book, jurnal, fasilitas komputer, dan CD ROM yang terus di-update, serta internet untuk mendapatkan informasi yang mudah dan cepat.
Tersedia koneksi internet di seluruh wilayah Fakultas, bahkan Universitas yang difasilitasi oleh DCISTEM dengan Bandwidth 155 MBps.
– Kantin – Lapangan olahraga – Student Center/lembaga kemahasiswaan dan organisasi ekstrakurikuler – Mushola – Sarana parkir – Gazebo
Sarana dan fasilitas lainnya tersedia dengan kondisi yang sangat baik. Hasilnya adalah dengan sarana, prasarana dan fasilitas yang memadai bagi mahasiswa dan seluruh civitas akademika, maka proses belajar dapat berjalan dengan baik. Selain itu, meningkatkan atmosfer akademik yang kondusif melalui interaksi yang baik antar seluruh sivitas akademika. |