Categories

Sebanyak 20 Mahasiswa Ikuti Seleksi Mawapres Unpad 2016

[Unpad.ac.id, 3/05/2016] Sebanyak 20 mahasiswa Unpad dari tiap Fakultas jenjang Sarjana dan Diploma III mengikuti seleksi pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat universitas, Selasa (3/05) hari ini dan Rabu (4/05). besok Seleksi tersebut digelar di ruang Bale Rancage Gedung Rektorat Unpad Kampus Jatinangor.

Peserta seleksi Mawapres Unpad 2016 foto bersama dengan para dosen dan pimpinan Unpad (Foto oleh: Arief Maulana)*

Peserta seleksi Mawapres Unpad 2016 foto bersama dengan para dosen dan pimpinan Unpad (Foto oleh: Arief Maulana)*

Koordinator pemilihan Mawapres Unpad, Dr. Yus Nugraha, M.A., mengatakan, seleksi yang digelar selama dua hari tersebut untuk menjaring tiga mahasiswa terbaik dari setiap jenjang. Seleksi yang akan dilakukan diantaranya uji wawancara terkait karya ilmiah, kemampuan Bahasa Inggris, prestasi unggulan, serta kepribadian.

Saat diwawancarai Humas Unpad, Selasa (03/05), Yus mengatakan, ada 17 tim penilai dari Unpad yang terlibat dalam seleksi tersebut. Tim tersebut merupakan dosen Unpad yang rutin berkutat di bidang kemahasiswaan. Selain itu, panitia juga menghadirkan juri mawapres tingkat nasional Bambang Wisnu Adi, untuk memberikan pengarahan lebih lengkap terkait persiapan yang harus dilakukan oleh peserta seleksi.

“Mengutip penyampaian Bambang, Mawapres inilah kompetisi yang paling lengkap dan komprehensif dibandingkan dengan kompetisi yang lain,” kata Yus.

Lebih lanjut Dosen Fakultas Psikologi tersebut menungkapkan, Mawapres dikatakan paling komprehensif karena ada kolaborasi antara aspek pengetahuan dengan softskill. Hal ini kemudian diwujudkan melalui penilaian seleksi tahap awal saat ini, yakni penilaian secara kuantitatif untuk seleksi karya ilmiah, kemampuan Bahasa Inggris, dan prestasi unggulan, serta penilaian khusus atas kompetensi kepribadian.

“Kepribadian ini tidak diberi angka, tetapi ini yang paling menentukan. Ketika tiga seleksi lain sudah memberikan nilai kuantitatif, tetapi dari segi psikologi dilihat apakah dia layak atau tidak menjadi calon,” jelasnya.

Adapun topik utama yang diangkat dalam Mawapres kali ini adalah “Iptek dan Inovasi untuk Daya Saing Bangsa”. Topik tersebut terdiri 20 sub topik ilmiah untuk jenjang Sarjana dan 10 subtopik untuk jenjang Diploma.

Kedua puluh peserta tersebut diantaranya merupakan mahasiswa berprestasi yang telah diseleksi di tingkat fakultas, diantaranya 16 mahasiswa dari program Sarjana, dan 4 mahasiswa dari program Diploma III. Nantinya, seleksi ini akan menjaring tiga mahasiswa program Sarjana dan 3 mahasiswa program Diploma.

“Setelah terpilih tiga besar S1 dan D3, kita akan melakukan pembinaan lebih lanjut untuk menjaring satu mahasiswa Sarjana dan satu mahasiswa Diploma yang akan menjadi wakil Unpad,” papar Yus.

Diharapkan dalam dua minggu ke depan panitia dapat menetapkan dua Mawapres Unpad untuk diikutsertakan pada tingkat nasional. Yus sendiri mengatakan, batas pendaftaran Mawapres tingkat nasional sendiri akan ditutup pada 25 Mei mendatang.

“Minimal Mawapres Unpad masuk ke dalam kandidat di tingkat nasional,” kata Yus.

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Unpad Dr. Ir. Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc., mengatakan, ada satu perubahan proses seleksi yang dilakukan. Perubahan tersebut yaitu adanya proses pengakraban antar peserta, tim penilai, maupun panitia satu sama lain agar seleksi ini lebih mencair.

“Mudah-mudahan dengan proses ini peserta bisa lebih rileks. Kalau rileks kemampuannya bisa lebih optimal,” kata Heryawan.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh