Categories

Tingkatkan Fasilitas Wi-Fi. Unpad Jalin Kerja Sama dengan Lintasarta

[Unpad.ac.id, 1/04/2016] Universitas Padjadjaran menjalin kerja sama dengan PT. Aplikanusa Lintasarta dalam hal peningkatan teknologi infomasi di lingkungan kampus. Kesepakatan tersebut dijalin melalui penandatanganan Piagam Kerja Sama (MoU) antara Unpad dengan Lintasarta di Ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Jumat (1/04).

Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama, Inovasi dan Usaha Unpad, Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt (kanan) dengan Business Director Lintasarta, Alfi Asman, usai penandatanganan MoU di Executive Lounge Unpad, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Jumat (1/04). (Foto oleh: Tedi Yusup)

Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama, Inovasi dan Usaha Unpad, Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt (kanan) dengan Business Director Lintasarta, Alfi Asman, usai penandatanganan MoU di Executive Lounge Unpad, Jln. Dipati Ukur 35 Bandung, Jumat (1/04). (Foto oleh: Tedi Yusup)

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerja Sama, Inovasi, dan Usaha Unpad Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., dengan Business Director Lintasarta, Alfi Asman.

Dalam acara tersebut, hadir Wakil Rektor bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sistem Informasi Unpad Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr., PhD., Direktur Teknologi dan Sistem Informasi Drs. Gatot Riwi, M.Si., Direktur Kerja Sama Parikesit, PhD., serta para Dekan dan Manajer Kerja Sama di lingkungan Unpad.

Alfi mengatakan, kerja sama yang akan dilakukan dengan Unpad terkait peningkatan fasilitas Wi-fi di lingkungan kampus. Di era kemajuan teknologi saat ini, penyediaan layanan internet gratis di lingkungan kampus sangat dibutuhkan guna menunjang kegiatan pembelajaran dan pengajaran mahasiswa maupun dosen.

Dengan penyediaan layanan wi-fi, pihaknya juga akan menyediakan berbagai aplikasi penunjang pendidikan. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa teknologi komunikasi dan informasi, pihaknya telah banyak melakukan kerja sama, termasuk dengan perusahaan IBM selaku raksasa teknologi komputer untuk menciptakan beberapa aplikasi di bidang TI.

Lebih lanjut Alfi mengatakan, aplikasi yang akan disediakan Lintasarta diantaranya untuk menunjang sistem pembelajaran, riset, hingga pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Khusus di sektor UMKM, pihaknya mendukung pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

“Kalau infrastrukturnya sudah lengkap, tinggal daya kreasi mahasiswa yang kita tuntut,” kata Alfi.

Pengembangan riset dan kewirausahaan ini menjadi fokus kerja sama Unpad dengan Lintasarta. Diharapkan dengan adanya penyediaan teknologi informasi, aktivitas riset dan kewirausahaan di kampus Unpad dapat meningkat. Kerja sama lain yang akan dilakukan Lintasarta ialah pengembangan Digital Marketing Program.

Menanggapi kerja sama tersebut, Dr. Keri mengatakan, teknologi informasi merupakan komponen penting untuk mendukung aktivitas pembelajaran, riset, dan pengabdian kepada masyarakat. Terkait kerja sama penguatan UKM, aktivitas ini sejalan dengan program “Suka Padjadjaran” yang dilakukan Unpad untuk meningkatkan aktivitas kewirausahaan di lingkungan Unpad.

“Kita sudah punya sarana inkubator kewirausahaan serta mitra perbankan. Mudah-mudahan dengan adanya kerja sama di sektor TI akan semakin mendorong peningkatan UMKM di Unpad,” kata Dr. Keri.

Dr. Keri berharap, kerja sama ini juga akan mendorong pengembangan aplikasi untuk riset yang bisa dikembangkan bersama antara Unpad dengan Lintasarta.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh